Gejala Gumoh Tak Normal, Bahayakan Bayi

Selasa, 17 Maret 2015 - 07:30 WIB
Gejala Gumoh Tak Normal,...
Gejala Gumoh Tak Normal, Bahayakan Bayi
A A A
JAKARTA - Gumoh adalah suatu keadaan dimana bila lambung terisi penuh, sehingga kadang-kadang sedikit susu tercampuri air liurnya akan mengalir kembali ke atas dan keluar dari mulut melalui sudut-sudut bibirnya.

Gumoh memang sesuatu gangguan yang normal. Akan tetapi, ada gumoh yang tidak normal hal ini akan memperburuk kesehatan. Gumoh yang abnormal bakal membahayakan kondisi Bayi.

Guru Besar Kedokteran Anak Universitas Gadjah Mada, Prof Dr. M Juffrie SPA (K) mengatakan, gumoh yang tidak normal itu saat penurunan berat badan terjadi tiba-tiba. Ini bakal membahayakan kondisi kesehatan pada bayi.

"Yang tidak normal itu menyebabkan terjadi penuruan berat badan. Dia nggak naik-naik berat badannya, Itu berbahaya," ujar Prof Dr. M Juffrie SPA (K) , di Hotel Mandarin Oriental di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Tak hanya itu, gumoh yang tidak baik saat diikuti oleh infeksi saluran pernapasan. Saat bayi sedang gumoh diiikuti oleh asma yang terjadi bersamaan .

"Gumoh yang terjadi bersamaan dengan infeksi saluran pernapasan. Kayak asma," katanya.

Meskipun demikian, gumoh normal bisa dilihat saat tidak diikuti gejala-gejala yang aneh. Serta keadaan normal yang sering terjadi pada bayi denagn usia di bawah 6 bulan. Seringnya gumoh bukan merupakan gejala abnormal, namun itu masih gejala normal.

"Seiring dengan bertambahnya usia, yaitu sampai usia di atas 6 bulan, maka regurgitas semakin jarang dialami oleh anak," tambahnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)